Selasa, 11 Januari 2011 By: artikel blogger

Pengertian Upload

Pengertian Upload

Apa itu Upload? Upload, atau yang disebut unggah dalam teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.
Mempercepat internet memang udah jadi pengetahuan umum yang kudu diketahui, apalagi kalo kamu lagi ngakses internet di warnet.

Cara Upload

Upload biasanya dilakukan untuk memindahkan file / content (atau bisa juga disebut meng-copy) antara komputer ke internet, misalnya untuk menambahkan gambar di blog, facebook, friendster, atau menambahkan file di email (dalam bentuk attachment), atau untuk memasukkan file-file ke dalam hosting. Uploading bisa dilakukan dengan menggunakan software / aplikasi upload, atau dengan memanfaatkan situs yang khusus untuk digunakan untuk menyimpan file kamu di internet.

Situs Upload

Situs upload (media sharing) umumnya dibagi menjadi beberapa jenis beserta contohnya, yaitu:
  1. Gambar upload (picture sharing): imageshack.us, tinypic.com, imagesharing.com, flickr.com
  2. File upload (file sharing): 4shared, mediafire, rapidshare.
  3. Video upload (video sharing): youtube, metacafe, google video.
Umumnya situs upload tersebut tidak membutuhkan pendaftaran account, namun ada beberapa yang memang membutuhkan pembuatan account baru dengan mendaftarkan email kamu dan menjadi member (biasanya gratis). Kelebihannya, situs uploading tersebut dapat langsung dibuka melalui browser kamu (browser yang umumnya disupport adalah firefox atau internet explorer).


Aplikasi Upload

Umumnya bagi web developer atau yang telah memiliki website, aplikasi upload memang merupakan tool wajib yang perlu dimiliki untuk mempercepat upload. Aplikasi upload yang biasa dipakai adalah yang bekerja dalam protokol FTP (File Transfer Protocol), dimana proses upload berbeda dengan proses upload yang dilakukan melalui situs upload. Kelebihan fungsi upload dengan menggunakan aplikasi khusus ini adalah file yang ditransfer dapat diresume (dilanjutkan kembali) apabila file yang ditransfer terputus ditengah jalan seperti yang sering terjadi apabila kamu melakukan upload melalui situs upload (terutama bila kamu lagi upload file besar). Contoh aplikasi upload ini adalah Cute-FTP dan FileZilla.

Mempercepat Upload

Kecepatan upload sebenarnya tergantung dari beberapa hal, yaitu: bandwidth koneksi internet kamu, kondisi jalur koneksi internet (sinyal, noise dalam kabel) dan bergantung pada ramai atau tidaknya situs upload.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers